Tips Merawat Pompa Air Diesel

Tips Merawat Pompa Air Diesel

Ketika kita menggunakan pompa air diesel, kita perlu benar-benar mengetahui bagaimana cara memberikan perawatan terbaik kepada situansan kita agar tetap dalam kondisi maksimal ketika digunakan.

Perawatan yang tepat dari pompa diesel Anda penting agar tetap bekerja dalam kondisi baik. Dalam perawatan pompa diesel, ingatlah empat faktor esensial. Ini termasuk:

Tips Merawat Pompa Air Diesel
  • Pelumasan
  • Penyaringan bahan bakar
  • Perlindungan bahan bakar dari air
  • Penghindaran bahan bakar sintetis

Pelumasan

Pompa inline dilengkapi dengan bearing, drive shaft, dan governor mekanik yang membutuhkan pelumasan. Inilah sebabnya mengapa pelumas pompa diesel Anda sangat penting untuk pemeliharaan yang tepat. Disarankan untuk mengisi minyak pompa solar inline Anda setiap 15 hari sekali. Distributor pompa, bagaimanapun, tidak lagi membutuhkan perawatan ini.

Penyaringan bahan bakar

Untuk memastikan kinerja terbaik dan umur panjang pompa diesel Anda, penyaringan yang tepat adalah suatu keharusan. Ini karena bagian-bagian pompa injeksi bahan bakar dirancang sangat kecil, biasanya dalam mikron. Untuk menghindari bagian-bagian ini rusak secara prematur, bahan bakar diesel harus disaring dengan benar untuk menyingkirkan benda asing, yang sering datang dalam partikel kecil yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

Dalam proses penyaringan bahan bakar akhir, filter bisa mencapai hingga 10 mikron. Untuk memahami konsep mikron, mungkin bermanfaat untuk mempelajari mata manusia hanya dapat melihat partikel 40 mikron dan naik. Namun mikron dalam butiran bedak sekitar pada 70 sementara butiran pasir adalah sekitar 100.

Perlindungan bahan bakar dari air

Hal berikut dapat terjadi ketika bahan bakar pompa diesel Anda dicampur dengan air:

  • Air terlarut

Air dapat dilarutkan secara kimia dalam bahan bakar pada kecepatan tergantung pada suhu bahan bakar. Ini berarti lebih banyak air terlarut ketika bahan bakar lebih hangat. Jika suhu rendah, di sisi lain, air akan keluar dari larutan.

  • Emulsi air

Ini menghasilkan suspensi air dalam bahan bakar.

Menghindari bahan bakar sintetis

Jika menggunakan minyak tanah untuk bahan bakar solar adalah ide Anda untuk hemat biaya, pikirkan lagi. Minyak tanah dan bahan bakar tercemar lainnya dapat mematikan katup mesin dan merobek bagian lain dari pompa Anda. Bahkan, itu bahkan dapat merusak pompa diesel Anda sedini 3 bulan.